AdverGames (Marketing by Games)
![]() |
| Advergames |
CarpeDiem - Beberapa orang tengah terlihat asyik
menghabiskan waktu di depan komputer. Setelah diamati lebih lanjut,
mereka tengah memainkan sebuah mini game. Game yang terlihat sederhana,
dapat dimainkan secara online dan
bersama-sama. Mereka memainkannya tidak hanya sebentar, melainkan
berjam-jam, dan hampir setiap hari.
Mereka nampak mendapatkan suatu
pengalaman baru dan mereka membicarakan tentang hal tersebut. Tidak hanya
mengenai game-nya, melainkan juga semua hal yang ada di game tersebut.
Apa yang sebenarnya mereka mainkan? Bagaimana ceritanya game-game
tersebut dapat muncul dan dibuat? Mari kita tinjau lebih lanjut game yang
dikemas dengan unsur iklan atau advertising yang
kental ini di dalamnya.
Advergames pada dasarnya adalah suatu advertising /
iklan yang dikemas dalam bentuk game. Agar mudah untuk didistribusikan,
game ini seringkali dirilis dan dioperasikan lewat internet dan dapat dimainkan
secara online. Game ini juga didesain agar dapat dengan mudah
disebarluaskan kepada banyak orang. Tujuannya adalah supaya para konsumen
bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda dalam melihat suatu iklan, dan bisa
menjadi lebih aware terhadap suatu produk.
Studi dan penelitian yang dilakukan
akhir-akhir ini menunjukkan bahwa kurang dari satu persen pengguna internet
yang benar-benar memperhatikan banner-ads, iklan pop-up, serta fitur-fitur pop-up lainnya yang banyak dianggap pengganggu
oleh pengguna internet lainnya.
Internet belum benar-benar terbukti
sebagai suatu “branding tool” yang efektif,
sehingga semakin banyak perusahaan sekarang beralih ke “advergames”. Advergames adalah game atau
permainan yang dapat bekerja baik walaupun hanya dengan mengandalkan koneksi dial-up, tidak membutuhkan hardware atau peralatan khusus seperti joystick, dan bisa mencakup semuanya dari mobil, sampai
film, sampai shampoo anti ketombe.
Kebanyakan advergames saat ini adalah permainan kebut-kebutan
dimana pemain menggunakan tombol-tombol panah pada keyboard mereka untuk
mengendalikan kendaraan di suatu track atau
jalur yang dipenuhi dengan iklan-iklan. Seringkali kendaraan yang
digunakan adalah iklan itu sendiri. Advergames seringkali
dibuat dengan sistem viral, yaitu mudah
didistribusikan antar orang lewat email atau fitur-fitur lainnya, dan mendorong
orang lain untuk turut memainkannya secara online dan
bersama-sama.
Advergames menjadi populer dan terkenal di kalangan perusahaan dan para pemasar
atau marketers karena dianggap cukup efektif.
Para pelanggan yang memainkan advergames dapat
melihat dan mendapatkan exposureyang cukup
besar dari iklan yang ada, dan tidak hanya sekedar melihatnya secara sekilas
saja, seperti halnya pada iklan-iklan yang dipasang di gedung-gedung bertingkat
dan lainnya.
Advergames juga dapat menjadi bagian
dari keseluruhan kampanye iklan perusahaan, misalnya iklan TV mengiklankan advergames, dan advergames juga
menginformasikan tentang iklan di TV). Pemain diusahakan dapat diberikan
sebanyak mungkin pilihan dalam hal model atau warna dari suatu produk, di dalam
game yang mereka mainkan.
Selebihnya, games adalah tools marketing yang cukup efektif dan natural, karena dapat memberikan pengalaman tersendiri
kepada para pelanggan yang memainkannya dan juga dapat memberikan brand awareness yang kuat

Komentar
Posting Komentar