Tips Bisnis UKM: Mengubah Pengunjung menjadi Pelanggan
CarpeDiem – Dewasa ini, internet telah
menjadi alat yang ampuh bagi bisnis untuk memengaruhi pelanggan dan memasarkan
bisnis tanpa peduli seberapa besar skala bisnis dan seberapa luas pelanggan
yang ingin dijangkau.
Pelanggan mengandalkan internet tidak hanya untuk mencari solusi yang sesuai dengan kebutuhan pribadi atau bisnis mereka, tetapi juga untuk melakukan transaksi online dengan nyaman baik dari rumah maupun kantor.
Di Indonesia sendiri, sekitar
68,7% dari 88,1 juta pengguna internet mengakses internet untuk mencari
informasi. Hanya 11% pengguna internet yang mengakses internet untuk melakukan
belanja online.
Memang tidak semua orang yang
melakukan pencarian di internet punya tujuan mencari tahu informasi tentang
barang dan jasa. Namun begitu, pebisnis tetap memiliki peluang untuk
menarik pengunjung ke websitedan membuat mereka melakukan
pembelian. Dengan kata lain, pebisnis bisa mengubah mereka dari sekadar
pengunjung menjadi pelanggan
Lantas, bagaimana cara
mengonversi klik menjadi penjualan atau mengubah pengunjung menjadi pelanggan?
Berikut tips-tips jitu dari Verisign.
Sajikan informasi yang
berlimpah namun tetap relevan
Menyajikan informasi tentang
fitur-fitur produk atau layanan yang paling menarik dan unik akan membantu
pebisnis berkomunikasi dengan calon pelanggan.
Berikut beberapa tip praktisnya:
·
Jangan
penuhi beranda Anda dengan hal-hal yang tidak penting.
·
Sampaikan
pesan kunci Anda dengan jelas menggunakan kata sesedikit mungkin.
·
Gunakan
penjelasan yang ringkas, subjudul, poin-poin, dan paragraf pendek.
·
Gunakan
format standar satu kolom agar lebih mudah dibaca.
Pastikan website mudah
untuk digunakan
Penting bagi pebisnis untuk
memastikan bahwa website mereka mudah digunakan. Menu dan
navigasi padawebsite harus dibuat semudah mungkin, menyajikan semua
informasi yang dibutuhkan pelanggan sesederhana mungkin dengan hanya beberapa
klik.
Hal ini bisa dilakukan dengan
membuat header image di beranda berupa hyperlink yang
bisa mengarahkan pelanggan ke halaman tertentu dari sebuah website.
Misalnya, jika Anda memiliki situs pemesanan tiket pesawat, Anda bisa
membuat header image berisi informasi penting tentang
penawaran yang diberikan.
Gambar tersebut dapat terhubung
langsung ke halaman pemesanan. Ketika diklik, pelanggan akan dibawa ke laman di
mana mereka bisa mendapatkan semua rincian informasi tentang penawaran dan
melakukan pemesanan tiket hanya dengan beberapa langkah mudah.
Less is more adalah aturan utama dalam
berjualan online. Ini berarti semakin sedikit pelanggan harus
melakukan klik, maka akan lebih baik.
Bangun kepercayaan
dan tingkatkan keamanan
Menciptakan kepercayaan
pelanggan terhadap bisnis online bisa menjadi sebuah
tantangan. Dalam duniaonline, website akan mewakili
Anda bercerita kepada pelanggan. Oleh karena itu, menunjukkan kredibilitas dan
kapabilitas dalam website akan membantu menimbulkan
kepercayaan pengunjung.
Sebagai contoh, jika Anda
memiliki bisnis penginapan, maka website Anda dapat
menunjukkan kamar yang ditawarkan melalui galeri. Website juga
dapat memiliki halaman “tentang kami” yang menjelaskan semua aspek bisnis,
berisi informasi mengenai layanan yang ditawarkan, serta menampilkan ulasan
dari media dan klien. Dengan demikian orang-orang yang mengunjungi website akan
tahu sebanyak mungkin tentang penginapan tersebut dan dapat menilai
kredibilitas Anda.
Jika website Anda
menawarkan pilihan belanja online, maka penting untuk membuat
pelanggan percaya bahwa mereka dapat dengan aman melakukan transaksi di website Anda.
Kepercayaan ini dapat dibangun dengan menggunakan sistem pembayaran yang
terbukti aman.
Anda juga bisa menaruh umpan
balik dan review dari pelanggan di website. Hal
ini akan meningkatkan loyalitas pelanggan melalui transparansi dan keterlibatan
pelanggan.
Memilih nama domain yang tepat
dapat membantu kesuksesan bisnis online
Langkah awal penting untuk
menjalankan bisnis di internet adalah dengan memilih dan mendaftarkan nama
domain (alamat web). Nama domain dapat digunakan untuk
mewakili brand dan identitas perusahaan di internet.
Untuk membantu meningkatkan
visibilitas dan membangun brand secara online,
pilihlah nama domain yang bermakna dan daftarkan sesegera mungkin.
Dengan sedikit perencanaan yang
strategis, Anda dapat mengembangkan bisnis Anda. Ketika Anda sudah bekerja
keras menarik orang-orang mengunjungi website, apa yang lebih
penting daripada mengubah mereka dari hanya sekadar pengunjung menjadi
pelanggan?
Komentar
Posting Komentar