Cara Tepat Tingkatkan Produktivitas dengan Market Analysis
![]() |
| Market Analysis |
CarpeDiem
- Definisi Marketing Analysis Kata analisis sangat dekat
dengan pekerjaan detektif. Para detektif akan melakukan analisis terhadap
informasi yang sudah ia kumpulkan, kemudian hasil analisis tersebut dijadikan
sebuah kesimpulan terkait kasus yang ia hadapi. Agar mendapat analisa yang
tepat detektif memerlukan informasi yang saling berkaitan dan menuju kepada
satu tujuan seperti pelaku atau barang hilang. Dalam
dunia marketing pun dikenal adanya marketing analisis.
Untuk pengertian, manfaat dan apa saja yang perlu diperhatikan untuk
melakukan marketing analisis akan dijelaskan singkat pada artikel ini semoga
dapat bermanfaat.
Apa itu
Marketing Analysis?
Setelah
sebelumnya melakukan marketing research dan mendapat informasi
penting kemudian anda lanjutkan dengan Marketing Analysis. Apa itu? Dalam
situs businessdictionary.com Marketing Analysis adalah Penyelidikan ke
dalam pelaksanaan marketing untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi
didapatnya hasil maksimal dan apa efek dari hasil tersebut dalam marketing.
Secara umum analisis pemasaran adalah studi tentang dinamika pasar.
Mulai dari naik turunnya hasil yang kita dapat hingga ke ranah psikologi
konsumen. Inilah daya tarik khusus pasar terutama dalam industri spesifik.
Analisis pemasaran pada dasarnya adalah rencana bisnis yang
menyajikan informasi mengenai pasar di mana anda terjun. Dalam penyajiannya
tersebut sangat berkaitan dengan berbagai faktor yang juga akan dibahas dalam
artikel ini.
Apa gunanya?
Setali
tiga uang dengan ilustrasi diatas. Jika dalam dunia detektif analisa
dilakukan untuk mendapatkan deduksi yang pas, maka dalam dunia marketing,
analisa dilakukan untuk mendapatkan data kemajuan proses marketing yang anda
lakukan. Mudahnya analisis pemasaran dilakukan sehingga anda dapat merumuskan
strategi bagaimana cara yang tepat menjalankan bisnis anda
selanjutnya. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tertentu, anda akan tahu bagaimana
untuk menjalankan bisnis anda.
Apa saja
faktornya?
Faktor
yang paling umum adalah SWOT yang merupakan akronim untuk; (Strength) Kekuatan,
(Weakness) Kelemahan, (Opportunities) Peluang dan (Threats) Ancaman. Dengan
menilai kekuatan dan kelemahan anda, anda dapat membuat strategi
pada faktor mana yang menjadi fokus anda. Misal anda ahli dalam public
relation atau hal-hal yang berkaitan dengan interaksi maka hal ini yang perlu
anda fokuskan sedangkan jika anda lemah dalam
penggunaan internet atau gadget maka hal ini perlu anda hindari. Anda
juga perlu melihat faktor-faktor eksternal seperti situasi yang dapat
memberikan anda kesempatan atau ancaman. Seperti misalnya faktor ekonomi,
ketidakstabilan politik atau bahkan perubahan sosial, semuanya dapat memberikan
peluang yang dapat Anda ambil dan meningkatkan keuntungan anda. Tapi mereka
juga dapat membuat ancaman yang akan menghambat transaksi bisnis anda. Dengan
mempertimbangkan semua faktor ini akan memberikan hasil analisa
pemasaran untuk dapat memposisikan dimana sebaiknya anda menerapkan strategi.
Dimensi Analisis Pasar
Ada
dimensi tertentu yang membantu kita untuk melakukan analisis pemasaran. Semua
elemen tersbut nada dapatkan dengan melakukan marketing research terlebih
dahulu. Dengan hal-hal ini akan membantu kita memahami apakh pasar kita
beroperasi lebih baik. Dimensi ini meliputi;
Ukuran
Pasar – Mengetahui ukuran pasar merupakan faktor kunci dalam
analisis pemasaran. Semakin besar pasar, semakin besar persaingan yang akan
anada hadapi. Untuk pasar yang besar, anda perlu memastikan produk dan jasa
yang anda tawarkan menonjol dan menarik. Jika tidak, pelanggan dapat dengan
mudah beralih ke produk pesaing. Tidak hanya itu, pasar yang lebih besar
membuat anda perlu memikirkan kembali kebijakan harga anda. Menetapkan harga
yang terlalu tinggi akan membuat anda kehilangan pelanggan karena mereka
beralih ke pesaing anda yang menawarkan harga lebih murah. Ketika menetapkan
harga terlau rendah orang-orang akan berpikir kalau barang yang anda jual itu
adalah barang murah berkualitas jelek. Tapi jika ukuran pasar kecil maka anda
bisa melakukan penetapan harga yang tinggi. Nah semua fakta ini tersimpan dalam
analisis pemasaran dan dengan fakta ini anda dapat meneruskan rencana pemasaran
anda
Tingkat
pertumbuhan pasar – Tingkat
pertumbuhan pasar adalah faktor besar dari semua faktor dalam analisis
pemasaran. Hal ini karena anda mendapatkan ide dari berapa lama pasar tersebut
akan bertahan. Sebelum anda melakukan investasi anda perlu menganalisis tingkat
pertumbuhan pasar. Jika ada kemungkinan pasar untuk tumbuh dari waktu ke waktu
maka Anda dapat berinvestasi lebih banyak di dalamnya. Jika tidak memiliki
pertumbuhan maka sebaiknya anda tidak menginvestasikan apa-apa. Berapa
banyak waktu dan perhatian yang anda berikan kepada pasar tergantung pada
tingkat pertumbuhannya.
Tren
pasar – Tren
pasar juga bagian penting dari analisis pemasaran. Memiliki pengetahuan tentang
tren membantu anda untuk memutuskan jenis produk apa yang sebaiknya anda
jual selanjutnya. Ketika anda baru memulai bisnis anda perlu mengetahui apa hal
yang sedang nge-hits. Apa hal yang pelanggan inginkan? Berapa banyak mereka
bersedia untuk menghabiskan? Apa ada tren lain yang mungkin
menarik perhatian mereka? ini adalah beberapa hal yang anda pertimbangkan
dalam menganalisis pemasaran. Di sisi lain, tren pasar dapat berubah setiap
hari. Hal ini dapat berubah menjadi kesempatan atau pun ancaman itu semua
bergantung bagaimana anada menghadapinya
Profitabilitas
pasar – Apa
tujuan anda melakukan bisnis? kebanyakan orang akan menjawab untuk mendapatkan
keuntungan. Karena itu, sebelum masuk ke bisnis anda perlu menganalisis
profitabilitas pasar. Jika pasar memiliki profitabilitas yang baik maka anda
dapat berinvestasi. Jika tidak, itu akan membuang-buang waktu dan modal. Untuk
menghitung profitabilitas pasar, ada beberapa hal yang harus mempertimbangkan.
Hal-hal ini meliputi; kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, hambatan masuk dan
sebagainya.
Faktor
Kunci Sukses – Faktor kunci keberhasilan adalah unsur-unsur yang
mempengaruhi untuk mendapatkan keberhasilan dalam pemasaran. Unsur tersebut
harus dapat bertahan dalamsetiap persaingan. jika anda tangani hal
ini dengan baik, memungkinkan anda untuk menghasilkan hasil yang
lebih bagus bagus. Faktor kunci keberhasilan meliputi
:
- Kemajuan
teknologi
- Skala
ekonomi
- Pemanfaatan
sumber daya yang efisien
Alur Distribusi
– Alur distribusi
sangat penting untuk bisnis. Tanpa mereka, Anda tidak akan bisa mengantarkan
produk Anda ke pelanggan Anda. Hal ini juga harus diperhatikan karena Anda
perlu menilai seberapa baik alur tersebut. apakah sudah ada cukup baik
atau anda perlu mengembangkan alur yang baru. Terkadang anda dapat mencoba alur
pemasaran yang baru seperti belanja online.
Industri
Biaya Struktur – Struktur biaya industri adalah faktor yang signifikan saat
menjalankan bisnis. pada dasaranya faktor ini melihat seberapa banyak biaya
yang diperlukan membuat produk anda terjual. Dengan mengatur hal ini anda dapat
meningkatkan keuntungan tanpa perlu menaikkan harga. Melakukan analisis
pemasaran akan membantu anda untuk menemukan cara-cara baru untuk mengurangi
biaya dan meningkatkan profit. Pada saat yang sama, hal ini membantu untuk
menciptakan strategi untuk mengembangkan keunggulan kompetitif dari pesaing
anda.

Komentar
Posting Komentar